5 Kebiasaan Sehat Pada Kehamilan Trimester Pertama

Kehamilan merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian besar pasangan. Karena memiliki anak adalah sebuah anugerah yang luar biasa dan tidak semua orang bisa memiliki kesempatan tersebut. Khususkan para ibu pasti mengalami tak khawatir khususnya pada kehamilan trisemester pertama. Hal itu memang wajar mengingat pada trisemester pertama kehamilan janin mulai membentuk jaringan tubuh serta organ organ lainnya dan mulai berfungsi walaupun masih belum sempurna. Tidak hanya pada bayi, ibu hamil pun mengalami beberapa banyak perubahan terutama perubahan fisik maupun psikologis. Hal ini tentu saja dialami sebagian besar ibu hamil yang tidak jarang menyebabkan rasa tidak nyaman serta gangguan pencernaan mulai dari perasaan mual pusing serta mudah lelah ketika melakukan banyak aktivitas terutama aktivitas berat.

Namun anda tidak perlu khawatir karena saat ini kami akan memberikan 5 Kebiasaan Sehat Pada Kehamilan Trisemester Pertama yang bisa anda coba. Cara-cara ini merupakan kebiasaan baik dan bisa merangsang perkembangan janin yang ada di dalam rahim anda namun juga tetap bisa memberikan rasa nyaman kepada ibu. Tujuannya tentu saja agar baik ibu maupun bayi didalam kandungan sehat dan bugar. Lalu apa saja tips-tips tersebut berikut informasinya untuk anda.

  1. Istirahat cukup

Di awal-awal kehamilan khususnya trisemester pertama ibu hamil mungkin mengalami hal-hal berat serta merasakan bahwa hari-hari terasa lebih melelahkan. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat hormon progesteron yang ada pada ibu hamil mulai meningkat. Efek dari peningkatan hormon ini tentu saja bisa membuat ibu hamil merasa berkunang-kunang bahkan pusing lalu mual muntah sedikit nyeri perut keputihan atau flek-flek serta susah buang air besar atau sembelit. Bahkan pada banyak kasus ada pula ibu hamil yang mengalami penurunan penglihatan atau bahkan sesak nafas. Solusi yang paling jitu adalah dengan beristirahat, dan sebaik-baik istirahat adalah tidur.

  1. Mengonsumsi makanan sehat

Selama hamil ibu tidak hanya diwajibkan untuk memenuhi kebutuhan gizinya sendiri namun juga kebutuhan gizi anak yang ada di dalam perut. Pilihlah makanan dengan nilai gizi yang seimbang serta mengandung beberapa senyawa penting bagi tubuh seperti zat besi protein asam folat berbagai vitamin lemak omega 3 serta omega 6 yang sangat baik untuk perkembangan dan kesehatan janin. Pada trisemester awal kehamilan juga ibu dilarang untuk melakukan diet karena hal itu akan membuat pola makan bayi yang ada di dalam perut menjadi terganggu.

  1. Cara mengurangi mual atau muntah

Cara mengurangi mual atau muntah bisa dilakukan dengan memakan makanan dalam porsi yang sedikit namun waktunya lebih sering. Hindari juga makanan yang bisa menimbulkan mual ataupun muntah seperti misalnya produk olahan susu yang terlalu kental. Disarankan juga untuk tidak mengkonsumsi buah-buahan yang sifatnya asam maupun makanan yang pedas terutama di waktu pagi hari. Biasakan untuk menyediakan cemilan terutama cemilan yang sehat seperti buah ataupun sayur sehingga mencegah perut kosong.

  1. Memperbanyak istirahat

Memasuki trisemester pertama yang terlihat tentu saja bentuk perubahan fisik sang ibu. Tidak hanya bentuk perubahan fisik namun juga secara psikologis dan emosional kondisi ibu makin labil. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan serta untuk menjaga hormon serta emosi tetap dalam batasan yang wajar, ibu bisa melakukan aktivitas ringan seperti menonton tv mendengarkan musik kesayangan atau sekedar mengobrol dengan pasangan. Istirahat yang cukup untuk mengurangi stres yang bisa berdampak pada gangguan mental ibu.

  1. Olahraga ringan

Hamil tidak menjadi alasan untuk tidak berolahraga, ada banyak olahraga ringan yang bisa dilakukan ibu selama masa kehamilan. Misalnya saja dengan mencoba senam khusus ibu hamil atau yoga khusus ibu hamil. Olahraga ringan dimaksudkan agar sirkulasi oksigen serta sirkulasi darah yang ada di dalam tubuh ibu tetap lancar sehingga bayi pun akan lebih sehat dan berkembang sesuai dengan usianya.

Itulah 5 Kiat Sehat Yang Bisa Ibu Lakukan Pada Kehamilan Trisemester Pertama. Yang terpenting adalah bagi ibu untuk sebisa mungkin menghindari stres karena stres pada ibu hamil bisa berdampak serius pada perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam perutnya. Semoga informasi yang baru saja anda simak dari kami bisa memberikan manfaat dan sampai jumpa di tips-tips kehamilan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *