Kelebihan dan Kekurangan Kayu Trembesi Yang Harus Anda Tau

Tahukah anda dengan yang namanya KAYU TREMBESI …?? kayu trembesi adalah salah satu bahan kayu yangmana memiliki serat kayu unik dan kuat serta tidak akan pernah anda temukan pada bahan kayu manapun, kayu trembesi ini juga di gadang-gadang mampu di jadikan bahan pengganti dari kayu jati, yaa.. hal ini dikarenakan dengan sifat kayu trembesi tersebut serta kayu trembesi ini juga memiliki banyak sekali sebutan mulai dari kayu suar, kayu meh, kayu munggur dan yang lainnya.

Di beri nama “MEH”  ini dalam artian jawa yaitu hampir, yaa.. kayu trembesi ini kualitas kayunya memang hampir menyamai kayu jadi dan untuk itulah kayu trembesi sendiri sangat mampu untuk di jadikan pengganti dari kayu jati.

Sebagai bahan baku kayu yang saat ini tengah ramai di perebutkan ya karena memang kayu trembesi ini sendiri saat ini banyak di jasdikan sebagai sebuah usaha dalam bidang permebelan, seperti dengan Meja Trembesi , tempat tidur dari kayu trembesi hingga pernak pernik yang cantik bisa di buat dari kayu trembesi, anda tentu saja penasaran dengan kelebihan dan kekurangan dari kayu trembesi ini, nahh.. untuk itulah berikut ini akan kami jelaskan tentang kelebihan dan juga kekurangan dari kayu trembesi satu ini.

Kelebihan dari kayu trembesi

Pohon dari kayu trembesi ini sendiri mampu tumbuh lebih cepat di bandingkan dengan kayu jati  serta pohon kayu trembesi ini sendiri mampu tumbuh hingga mencapai  diameter 1,5 meter. Dengan diameter kayu yang cukup lebar tersebut tentu akan memudahkan beberapa para pekerja furniture dalam pembuatan sebuah barang furniture dari kayu trembesi, terutamanya untuk pembuatan furniutre yang ukurannya besar seperti meja makan, tempat tidur dan yang lainnya, Jadi tidak perlu menyambung dua papan kayu terlebih dahulu untuk membuat meja berukuran besar.

Dalam dunia furniture, kayu trembesi ini merupakan salah satu kayu yang tentu saja luar biasa kuat, dilihat dari ketebalan kayu tersebut, sebuah papan kayu trembesi ini mampu memiliki ketebalan 4 hingga 10cm bahkan bisa lebih dari itu, karena memang unsur keindahan dari kayu ini di lihat dari ketebalan kayunya, anda tentu tidak akan bisa mendapatkan kayu dengan ukuran tebal yang seperti kayu trembesi ini, jikalau ada mungkin sangatlah langka karena memang hanya kayu trembesi inilah yang mampu mencapai ketebalan yang seperti ini.

Kekurangan dari Kayu Trembesi

Untuk kekurangannya, kayu trembesi ini berada pada urutan nomor IV yangmana kayu trembesi sangatlah rentan terhadap hama kayu, meskipun begitu bisa di akali dengan anda harusnya meletakkan pada tempat yang mudah untuk di bersihkan seperti pada ruang makan serta harus selalu dirawat dengan selalu di bersihkan setiap hari atau saat setelah di gunakan.  

Dalam faktor kekuatan, kayu trembesi ini berada pada kelas III yangman sangat tidak cocok untuk di jadikan sebagai bahan baku bangunan karena sifatnya yang tidak tahan dengan beban yang lebih berat, dan untuk itulah mengapa kayu trembesi ini banyak di fungsikan untuk sebuah furniture isian rumah saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *